Powered by Blogger.

Gitar klasik dan steel string

Bagi seorang gitaris steel string tentunya sudah tak asing lagi ditelinga.  Namun bagi yang belum mengetahuinya tentunya akan menjadi sebuah pertanyaan besar, sebenarnya kedua gitar ini sudah memiliki perbedaan dari bentuk bodynya. Jika gitar klasik bodynya biasa saja seperti spanyol, maka steel string lebih ekspresif. Biasanya terpotong atau melengkung kedalam tepat dibagian necknya.

Namun perbedaan utamanya adalah terdapat pada senar yang digunakan, gitar klasik menggunakan senar yang terbuat dari nylon sehingga lebih mudah dimainkan. Sementara steel string atau yang biasa disebut dengan acoustic guitar senarnya terbuat dari baj. Bahan ini lebih keras dan bahkan bisa melukai jari bagi anda yang belum terbiasa.

Namun menurut pengalaman biasanya anda akan bisa menguasainya setelah dua minggu berlatih, tapi jangan heran jika jari anda akan mengalami kapalan yakni kulit jari menebal dan kasar akibat gesekan dengan senar baja. Perbedaan lainnya adalah kedua gitar ini memiliki karakteristik suara yang berbeda.

Gitar klasik lebih cocok digunakan untuk memainkan musik klasik atau latin, karena itupulalah gitar klasik selalu disebut sebagai gitar spanyol. Sementara gitar steel string lebih bagun untuk memainkan jenis musik rock dan country. Nah jika anda adalah penyuka musik country seperti Taylor Swift ada baiknya beli gitar steel string saja.

Gitar steel string sendiri tidak banyak yang gunakan sehingga cenderung disebut anti mainstream. Anda bisa memilih jenis gitar ini untuk memperlihatkan bahwa anda adalah orang yang memiliki selera anti mainstream dan kreatif. Source : Yamaha
0 Komentar untuk "Gitar klasik dan steel string"

Back To Top